KIRJAS GOES TO SCHOLL @ PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH




Demi menjalin silaturahmi, dan kerjasama yang baik dalam lingkungan kelompok ilmiah remaja sekolah se-Jakarta Selatan serta mensosialisasikan penelitian kepada para siswa SMU/SMK/MA/PONPES maka KIRJAS melaksanakan program yang rutin dilakukan yaitu KIRJAS GtS (Goes to School). Kirjas GtS bukan merupakan program berkala yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu, namun merupakan kegiatan yang dilakukan dalam kesempatan tertentu sebagai upaya sosialisasi KIRJAS dan juga pelatihan berbagai macam materi, yaitu Penulisan Karya Ilmiah, Karya Tulis, Event Organize, dan lain-lain. Acara ini telah dilaksanakan dibeberapa sekolah di wilayah Jakarta Selatan seperti MAN 13 Jakarta, MAN 7 Jakarta, SMA N 87 Jakarta, SMAN 34, SMAN 55, SMA N 47 Jakarta, SMK N 20 Jakarta, Ponpes Darunnajah Jakarta, dll.
Jika kesempatan sebelumnya disebuah sekolah menengah kejuruan maka kali ini Kirjas Goes to School diadakan disebuah Pondok pesantren dibilangan daerah Ciledug, yaitu Ponpes Darunnajah. Acara yang dimulai pada pukul 14.00WIB ini dilakukan dalam rangkaian pengukuhan anggota KIR Darunnajah, perkenalan dan presentasi profil KIRJAS dan kemudian pelatihan karya ilmiah. Pengukuhan dilakukan oleh kepala sekolah dari Darunnajah lalu dilanjutkan presentasi profil kirjas oleh Elvi Robiatul Adawiyah dan terakhir materi Karya Ilmiah disampaikan oleh Dewan Perintis kirjas yaitu Andy Setyawan, S.Hum. Materi disampaikan hingga menjelang berbuka puasa kemudian acara terakhir yaitu buka puasa bersama anggota KIRJAS dan KIR Darunnajah. Adapun anggota yang menghadiri acara dalam kesempatan tersebut sebanyak empat puluh siswa yang dikukuhkan dalam anggota KIR Darunnajah.




Materi yang dipilih dalam KIRJAS GtS kali ini adalah Karya Ilmiah dan Penulisan Karya Ilmiah dengan judul KENAPA HARUS MENELITI ??? dengan durasi tiga jam pemaparan dan tanya jawab antara peserta dengan pembicara. Dalam pemaparannya dijelaskan mengapa para generasi muda harus meneliti mulai sejak dini, bukan hanya ketika akan menerima ijazah strata satu. Namun, lebih karena meneliti adalah suatu hal yang penting dalam membangun bangsa dan juga menemukan solusi dari berbagai permasalahan yang ada disekitar kita. Kemudian, dijelaskan cara mencari ide dan tema yang sesuai serta mudah dilakukan oleh para peneliti pemula. Pemaparan disajikan dalam bentuk video dan juga presentasi langsung. Video berisi ajakan serta himbauan kepada para siswa untuk melakukan penelitian dan tidak kalah pada masalah yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia, sedangkan pemaparan terbagi dua yaitu materi metode penelitian dasar dan juga penulisan makalah yang baik. Metode penelitian menjelaskan macam-macam penelitian lalu jenis-jenisnya serta devinisi dan pengertian dari substansi penelitian seperti variabel, pendekatan penelitian, landasan teori, hipotesis, perumusan masalah, kerangka berfikir dan juga penelitian eksperimen. Bagian kedua pembicara menjelaskan tentang sistimatika penulisan karya ilmiah yang baik, mulai dari pembuatan sampul halaman yang standar dan digunakan oleh banyak instansi lalu abstrak, latar belakang, tujuan, batasan masalah, identifikasi masalah, manfaat, dan lain sebagainya hingga akhir makalah sampai dengan simpulan dan saran. Diakhir acara dilakukan tanya jawab yang dilakukan antara peserta dan pembicara dan antusiasme tentang penelitian telah terlihat di antara teman-teman Ponpes Darunnajah. Tanya jawab ini dilakukan hingga menjelang waktu berbuka puasa dan setelah waktu berbuka puasa tiba teman-teman peserta serta KIRJAS berbuka puasa bersama. Acara ditutup setelah usai berbuka dan solat magrib.





Dari serangkaian acara yang dilakukan KIRJAS baik di sekolah sebelumnya atau pun di pondok pesantren Darunnajah, KIRJAS berharap dapat membagi berbagai pengalaman baik secara organisasi atau pun riset kepada para teman-teman SMA/SMK/MA/Ponpes dan sederajat guna membangun penelitian dan kelompok ilmiahnya serta mampu menghasilkan peneliti dan penelitian yang unggul dibidangnya masing-masing.

KIRJAS
DO THE BEST
BE THE BEST
AND SHOW IT TO THE WORLD !!!

0 komentar: