Hubungan Antara Penggunaan Situs Jejaring Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA di Jakarta Selatan

Oleh
SMAN 34
Dina Faizah

ABSTRAK


Salah satu rangkaian panjang dinamika perkembangan Teknologi Informasi adalah lahirnya Social Network Sites (SNS) atau Situs Jejaring Sosial. Facebook, Friendster, Multilpy, Myspace, Twitter, Plurk, dan Orkut adalah contoh situs jejaring sosial yang kini sedang populer di masyarakat dunia. Penggunaan situs jejaring sosial menimbulkan dampak positif maupun negatif. Studi yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Ohio menyimpulkan pelajar yang mengunjungi situs jejaring sosial secara rutin lebih buruk hasil tesnya di sekolah.

Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan situs jejaring sosial dan motivasi berprestasi untuk mengetahui hubungan antara penggunaan situs jejaring sosial dengan motivasi berprestasi siswa SMA di Jakarta Selatan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan situs jejaring sosial dengan motivasi berprestasi siswa SMA di Jakarta Selatan.

Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan Analisis Korelasional Pearson Product Moment dan Analisis SWOT. Populasi peneltian adalah siswa SMA di Jakarta Selatan dan sampel sebanyak 120 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner yang dibagikan kepada 120 responden dan studi literatur.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan situs jejaring sosial dengan motivasi berprestasi siswa SMA di Jakarta Selatan, dengan angka koefisien Korelasi PPM sebesar -0,728 memiliki tingkat hubungan kuat. Teruji signifikan pada a = 0,05, nilai t hitung 11,527. Variabel penggunaan situs jejaring sosial memberikan kontribusi 53% terhadap motivasi berprestasi siswa SMA di Jakarta Selatan dan sisanya 47% ditentukan oleh variabel lain.

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan kedua variabel memiliki korelasi negatif, artinya makin tinggi keaktifan penggunaan situs jejaring sosial maka makin rendah motivasi berprestasi siswa, begitupun sebaliknya. Dengan demikian, motivasi berprestasi siswa dapat ditingkatkan dengan membatasi penggunaan situs jejaring sosial

0 komentar: