Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Efektivitas Kepemimpinan Ketua Organisasi Kesiswaan di SMA Negeri 34 Jakarta

Oleh
SMAN 34
Dina Faizah


ABSTRAK


Persoalan kepemimpinan adalah persoalan yang sangat penting dan strategis. Hal yang utama untuk dikedepankan tentang aspek kepemimpinan ketua kelompok adalah efektivitas dari peranannyan itu. Pemimpin yang efektif ditandai dengan pemilikan motivasi berprestasi tinggi. Salah satu faktor yang turut berperan dalam membina kepemimpinan bagi generasi muda adalah sekolah. Hal tersebut terwujud dalam organisasi kesiswaan, yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) beserta perangkatnya
Telah dilakukan penelitian tentang motivasi berprestasi dan efektivitas kepemimpinan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan efektivitas kepemimpinan ketua organisasi kesiswaan di SMA Negeri 34 Jakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kepemimpinan ketua organisasi kesiswaan di SMA Negeri 34 Jakarta.
Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan Analisis Korelasional Spearman Rank dan analisis SWOT. Subjek peneltian adalah 25 orang ketua organisasi kesiswaan di SMAN 34. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner yang dibagikan kepada 25 responden, wawancara terstruktur kepada pihak sekolah, dan studi literatur.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan efektivitas kepemimpinan ketua organisasi kesiswaan di SMAN 34, dengan tingkat koefisien Korelasi Spearman Rank 0,72 (rs hitung > rs tabel atau 0,72 > 0,40) dan teruji secara signifikan z hitung > z tabel atau 0,36 > 0,40 dengan tingkat signifikansi  = 0,05.
Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan kedua variabel memiliki hubungan positif, artinya makin tinggi motivasi berprestasi maka makin tinggi efektivitas kepemimpinan. Dengan demikian, efektivitas kepemimpinan ketua organisasi kesiswaan dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan motivasi berprestasi.

0 komentar: