Abstrak Memoir of Education

Inventarisasi Potensi Daerah Depok sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan bagi Siswa SMA.

ABSTRAK

Andy Setyawan
BEM Universitas Indonesia dalam program MOE (Memoir of Education). Dosen pembimbing : Herminie.


Seiring dengan diadakannya desentralisasi dan otonomi daerah, maka tiap daerah kini diperkenankan untuk membuat kurikulum masing-masing (KTSP) untuk menunjang wilayah di mana sekolah tersebut berada. Untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut maka diperlukan upaya untuk menginventarisasi potensi daerah agar dapat dijadikan landasan dalam pembuatan kurikulum tersebut.
Dari latar belakang tersebut maka masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah Keunggulan lokal apa saja yang dimiliki Depok, yang dapat diimplementasikan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kota Depok. Dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah 264 responen yang tersebar di 6 kecamatan di kota Depok dengan latar pekerjaan yang berbeda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner (diukur dengan menggunakan skala likert) dan wawancara. Dari data yang diperoleh melalui responden didapatkan hasil bahwa Depok memiliki keunggulan di bidang industri perdagangan, dengan ditunjangnya sarana yang memadai dan banyak, seperti Mall dan pasar. Peneliti berharap agar penelitian ini dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya bagi pihak sekolah, sehingga dapat dijadikan landasan dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dan dapat menerapkan mata pelajaran muatan lokal yang mendukung berkembangnya potensi daerah yang telah berkembang di kota Depok seperti perdagangan.

3 komentar:

danu mengatakan...

ko penelitian ka andy smua?

Nadira Saraswati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nadira Saraswati mengatakan...

yang ini ya ka yang buat sidang? eh apa yg ttg ccs itu?

k, im so sorry anywaaaaay :(