Abstrak Cros Content Study MAN 13

“Hubungan antara sistem CCS (cross content study) dengan motivasi berprestasi siswa MAN 13 Jakarta”

ABSTRAK

Chusnul Chotimah,Eko Prasetiyo,Tiara Sukma Pertiwi, Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta, Karya ilmiah dalam rangka kegiatan lomba karya llmiah remaja tingkat Jakarta Selatan 2008.

Telah dilakukan penelitan terhadap hubungan antara pengimplementasian sistem CCS (cross content study) dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 13 Jakarta, karena kurikulum Madrasah Aliyah memiliki jumlah mata pelajaran yang lebih banyak di banding Sekolah Menengah Atas, hal ini dikarenakan jumlah mata pelajaran yang telah ditetapkan Departemen Agama harus mereka tunaikan. yang akan berdampak langsung pada motivasi prestasi belajar siswa.
Sistem pembelajaran CCS ( cross content study) atau “Silang Beban Belajar” merupakan sistem pembelajaran yang sistematis dan bertahap, tanpa mengurangi jumlah mata pelajaran yang harus diberikan kepada siswa sesuai dengan kurikulum, dengan cara menggabungkan beberapa mata pelajaran non-jurusan untuk dipelajari secara bertahap dalam kurun waktu tertentu.
Dari latar belakang yang telah disebutkan diatas maka masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara sistem CCS (cross content study) dengan motivasi berprestasi siswa. Dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah 200 siswa dari MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 13 Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey, dengan menggunakan 2 variabel yaitu sistem CCS (cross content study) sebagai variabel Independen, dan motivasi berprestasi belajar siswa sebagai variabel dependen. Pengumpulan data primer menggunakan kuisioner (diukur dengan menggunakan skala likert) dan wawancara. Untuk menganalisis korelasi dan signifikansi digunakan rumus korelasi Rho Spearman dan t-Test. Dari hasil penghitungan didapatkan hubungan yang signifikan antara sistem CCS (cross content study) dengan motivasi berprestasi siswa. Hubungan antara dua variabel tersebut digolongkan cukup, dan kedua variabel menunjukkan arah yang positif. Penulis berharap penelitian ini dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya bagi siswa MAN 13 Jakarta dan guru, sehingga sistem CCS (cross content study) berdampak pada meningkatnya motivasi berprestasi peserta didik Selain itu penelitian ini juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi staff pimpinan MAN 13 Jakarta untuk mengkaji lebih dalam lagi sistem serta teknis pelaksanaan CCS (cross content study) yang telah diterapkan dalam 3 tahun terakhir, sehingga sistem ini lebih bermanfaat bagi siswa.





Kata kunci : sistem CCS (cross content study), motivasi berprestasi

1 komentar:

danu mengatakan...

yoi....produk2 man 13 kren dh?