PENGETAHUAN MASYARAKAT JAKARTA SELATAN TERHADAP TERUMBU KARANG DAN USAHA PELESTARIAN YANG DILAKUKAN PEMERINTAH

Permatasari, Carolline Nanzi. Ryantono, Fiko. Saputra, Danu Ardhian. Pengetahuan Masyarakati Jakarta Selatan Terhadap Terumbu Karang dan Usaha Pelestarian Yang Dilakukan Pemerintah. 2009. Jakarta. SMAN 47 Jakarta

ABSTRAKSI

Indonesia merupakan negara maritim yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh lautan. Hal ini membuat banyak ekosistem terumu karang berkembang dengan baik. Namun, sebagian besar ekosistem terumbu karang telah mengalami kerusakan. Sebagian besar kerusakan terumbu karang disebabkan oleh manusia dan alam. Untuk mengurangi jumlah kerusakan terumbu karang, pemerintah melakukan pelestarian terumbu karang. Salah satunya dengan sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat dan cara pelestarian.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk pelestatrian terumbu karang dan tingkat pengetahuan masyarakat mengenai terumbu karang secara umum. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode korelatif. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dengan memilih 50 orang responden secara acak di kelurahan Pesanggarahan, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Ciledug, dan Ciputat dengan populasi responden berusia antara 17 tahun sampai 50 tahun di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar masyarakat telah mengetahui manfaat terumbu karang baik secara ekonomis maupun ekologis.

0 komentar: