KIRJAS FAIR 3

PRESS RELEASE KIRJAS FAIR 3, 2010
Sabtu, 13 Februari 2010
Auditorium Bulungan




Ketika sintaksis tak lagi mampu menghubungkan kata
Rasionalitas tak mampu lagi menelusuri genesis kejadian
Hanya asa yang dapat dipijak
Untuk mencari akibat karena adanya suatu sebab
Sebuah kontribusi nyata untuk selalu
Do the best
Be the best
And, show it to the world
Dan itulah kami
KIRJAS


4 tahun sudah KIRJAS berdiri dan mengabdi kepada masyarakat untuk membantu menyelesaikan berbagai macam persoalan social kemasyarakatan yang ada. Salah satu misi KIRJAS untuk melahirkan dan menebarkan anggotanya ke tengah-tengah masyarakat dirasa hampir terimplementasi. Tahun 2009, 5 anggota dan alumni KIRJAS telah mendapatkan gelar Sarjana dari Universitas-universitas terhormat di dalam dan luar negeri.

Setiap tahunnya KIRJAS selalu mengadakan hajatan besar dalam rangka memperingati hari jadinya (kali ini yang ke-4) yg dikemas dalam “KIRJAS FAIR”. KIRJAS FAIR ini memiliki beberapa bentuk kegiatan lain diantaranya LPKS (Lomba Program Kreativitas Siswa 2, 2010) yang telah dimulai 1 bulan sebelum pelaksanaan KIRJAS FAIR. LPKS tahun ini mengangkat tema “We are The Care Human” dengan tahap seleksi: wawancara simulasi perusahaan, coaching clinic, dan grand final. Tahun ini LPKS diikuti oleh 25 tim yang lolos seleksi administrasi dari 34 proposal yang masuk. Pemenang LPKS ini akan mendapatkan piala bergilir dari MENPORA. Selain itu KIRJAS AWARD juga menjadi bagian dari pelaksanaan KIRJAS FAIR ini, tahun ini ada 11 kategori yang diperebutkan.





KIRJAS FAIR dibuka dengan VT KIRJAS dan dipandu oleh 2 MC kawakan KIRJAS: Ikhwan Maulana (Dewan Perintis KJ), dan Enbun Ma’rufah (Sekretaris KJ). Setelah itu dilanjutkan dengan Keynote Speech dari kepala GRJS Bpk Ajang Pinem, yang mengungkapkan tentang pentingnya pembinaan generasi muda dalam membangun mental bangsa. Dan dilanjutkan oleh sambutan Pembina KIRJAS Bpk I Made Martha, yang berharap agar KIRJAS dapat terus eksis untuk memfasilitasi KIR-KIR sekolah tidak hanya yang ada di Jakarta Selatan, Tapi juga di tingkat JABODETABEK.









Acara dilanjutkan dengan penampilan dari rekan-rekan Liga Tari Universitas Indonesia dengan tarian tradisional “Nandak Ganjen” yang turut memeriahkan KIRJAS Fair ini. Acara KIRJAS FAIR tidak hanya berlangsung di dalam ruang teater auditorium bulungan, diluar rang teater juga dipemerkan hasil-hasil penelitian anggota KIRJAS dalam bidang teknologi. Satu persatu nominasi KIRJAS AWARD dibacakan oleh pembaca nominator, dan pemenangnya adalah:

1. Penelitian Terbaik IPA dimemangkan oleh MAN 7 Jakarta dengan judul penelitian “Pemanfaatan Limbah Biji Nangka Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Bioplastik”
2. Penelitian terbaik IPS: MAN 13 “Hubungan antara Motivasi Berprestasi Siswa Program Kelas Internasional dengan Lunturnya Semangat Nasionalisme”
3. Penelitian terbaik RETEK: MAN 13 “Prototipe Detektor Keretakkan Tanah Pada Tanggul Danau Buatan”
4. Penelitian Terinovatif: MAN 13 “Prototipe Detektor Keretakkan Tanah Pada Tanggul Danau Buatan”
5. Penelitian pengabdian masyarakat: SMAN 34 “Membandingkan kandungan amilum pada beras yang memakai pemutih klorin dengan beras yang tidak memakai klorin”
6. Penelitian peduli lingkungan: SMAN 34 “LEAF SCHYTER”
7. Penelitian Unggulan terbaik: MAN 13 “Prototipe Detektor Keretakkan Tanah Pada Tanggul Danau Buatan”
8. Sekolah terproduktif menghasilkan penelitian: MAN 13 Jakarta
9. Insan terproduktif menghasilkan penelitian: Andy Setyawan, S.Hum
10. Best speaker 2010: Dina Faizah SMAN 34
11. KIR Sekolah Teladan: SMAN 34





Untuk tahun ini persebaran KIRJAS AWARD tidak menyebar ke sekolah-sekolah, hanya 2 sekolah yang terlihat unggul di KIRJAS AWARD 2010 ini yaitu MAN 13 dan SMAN 34. Penelitian tentang Prototipe Detektor Keretakkan Tanah Pada Tanggul Danau Buatan” menjadi penelitian terbaik di tahun 2010 ini. Hal ini disebabkan karena latar belakang penelitian tentang bencana situ gintung dan prestasi yang telah diraih oleh penelitian ini selama tahun 2009, dirasa pantas untuk mendapatkan predikat penelitian terbaik 2010. Kategori terbaik KIRJAS AWARD yaitu KIR SEKOLAH TELADAN tahun ini jatuh kepada SMAN 34, setelah tahun kemarin direbut oleh SMAN 8. Pemenang KIR SEKOLAH TELADAN selain mendapatkan plakat KIRJAS AWARD juga berhak mendapatkan trophy bergilir dari MENRISTEK.

KJ FAIR 2010 juga di isi dengan training motivasi dengan judul “To be Number One” oleh bpk Edi dari MITI (Masyarakat Ilmuan dan Tekhnolog Indonesia). Untuk menghibur para undangan panitia juga mendatangkan tim saman dari MAN 7 untuk memeriahkan acara. Setelah pembacaan semua nominasi KJ AWARD , dan presentasi selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang LPKS 2010 diantaranya:

1. Juara Umum : Finding Love, tim REACH
2. Juara 1 : Finding Love, tim REACH
3. Juara 2 : DEBAT (Edukasi Pelajar Buat Tanah Air) SMAN 87
4. Juara 3 : Pemilihan Duta Cilik Ciliwung 2010, SMKN 20
5. Harapan 1 : PESEN TAKSIX, SMAN 26
6. Harapan 2 : 32 Award, SMAN 32
7. Harapan 3 : BASKOMS (Badan Sarana Komunikasi Siswa), MAN 7
8. Best Idea : Finding Love, tim REACH
9. Best Packaging : Finding Love, tim REACH
10. Best Panelis : BASKOMS (Badan Sarana Komunikasi Siswa), MAN 7
11. Best Speaker : Fadilla Rahmatun Shaleha, SMKN 20




Untuk juara umum LPKS 2010 akan mendapatkan piala bergilir MENPORA dan uang pengimplementasian program senilai Rp. 5.999.900;

Di akhir acara dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun KIRJAS yang ke 4 dengan seremonial peniupan lilin ulang tahun, dan pemotongan kue.


Tiada hal yang dapat kami lakukan selain mengabdi untuk masyarakat
Diusia kami yang ke-4 ini, akan semakin memacu kami untuk melahirkan ilmuan-ilmuan muda masa depan dan menebarkannya ke tengah masyarakat.
Dukungan dari semua pihak mutlak kami perlukan agar kedepannya kami dapat berkarka jauh lebih baik, untuk diri sendiri, keluarga, bangsa, dan dunia ini
Doakan kami untuk selalu
Do The Best
Be The Best
And Show it to the world


0 komentar: